tutorial cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word dengan mudah dan cepat
Assalamualaikum Wr. Wb....
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas
bagaimana cara membuat Daftar Isi Otomatis menggunakan Heading dalam
sebuah makalah atau skripsi pada microsoft word. Sebelum melangkah lebih jauh
alangkah baiknya memahami apa yang dimaksud Daftar isi otomatis, serta apa
fungsi dan tujuannya...
Mari kita simak sama sama...
Pengertian Daftar Isi
Daftar isi merupakan urutan judul pada tiap
bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya.
Fungsi daftar isi yaitu untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara
cepat tanpa harus mencari satu persatu.
Atau dengan kata lain daftar isi yang terdapat dalam
sebuah dokumen berfungsi sebagai peta bagi pembaca, sehingga membuat pembaca
lebih mudah untuk menemukan informasi dalam dokumen berdasarkan judul dan nomor
halaman. Daftar isi yang baik harus disusun dengan baik, mudah dibaca dan mudah
digunakan.
Strktur Daftar Isi
Secara umum, daftar isi berisi bagian-bagian
berikut ini:
- Abstrak (dimulai pada halaman iii)
-
Ucapan terima kasih (opsional)
-
Dedikasi (opsional)
-
Pendahuluan (opsional)
-
Daftar Isi (opsional untuk meletakkannya di
daftar isi tulisan Anda)
-
Daftar Tabel (jika ada)
-
Daftar Gambar (jika berlaku)
-
Daftar lainnya, termasuk: Daftar Definisi,
Daftar Algoritma, Daftar Persamaan (jika berlaku)
-
Badan utama teks Anda (misal, judul bab,
judul, dan subjudul)
-
Lampiran atau lampiran (opsional)
-
Bibliography
-
Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
Fungsi Daftar Isi
Beberapa manfaat dalam pembuatan daftar isi
adalah:
- - Kemudahan navigasi
- - Pembaca menilai buku atau karya tulis
berdasarkan Daftar Isi
- - Daftar Isi adalah panduan yang baik untuk
tulisan kita sendiri
Membuat Daftar Isi Otomatis dengan Menggunakan Heading
Membuat daftar isi dengan menggunakan heading ya’ni dengan memanfaatkan fitur heading yang tersedia pada microsoft word kita.
Berikut langkah langkah membuat daftar isi
otomatis menggunakan heading :
1. Langkah pertama, kita buka file dokumen word . Disini saya menggunakan Word
2010, bagi kalian yang berbeda word dengan saya caranya kurang lebih caranya sama
seperti yang akan saya contohkan dibawah.
2. Selanjutnya kita block judul seperti Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB I,
BABII dan seterusnya, kita jadikan sebagai Heading 1, caranya pertama kita
block dulu Kata Pengantar menjadi Heading 1 dengan klik kanan pada
Heading 1 lalu pilih “Update Heading 1 To Match Selection”, gunanya
agar bentuk atau format tulisan kata pengantarnya menyesuaikan dengan format
tulisan awal kita.
alhasil tulisan kata pengantar telah kita rubah menjadi Heading 1.
Kita juga bisa memodifikasinya sesuai apa yang kita inginkan dengan cara klik
bagian modifikasi maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
3. Jika sudah, hal yang sama kita lakukan pada judul judul selanjutnya seperti daftar isi, BAB I, BAB II sampai penutup dan daftar pustaka, dengan cara memblock dan pilih bagian heading 1 dengan sekali klik, tanpa menggunakan klik kanan.
4. Selanjutnya yaitu kita menjadikan sub judul
sebagai Heading 2. Contohnya seperti dibawah ini, disini saya memblock bagian Latar
Belakang Masalah, Rumusan Masalah dan Tujuan Makalah, sebagai sub judul
pada BAB I, caranya sama dengan yang pertama tadi akan tetapi disini kita
berlakukan di Heading 2 seperti yang tertera dibawah.
5. Langkah selanjutnya yaitu membuat Heading baru untuk sub
judul di BAB selanjutnya, caranya yaitu dengan memblock sub judulnya terus kita
pilih “save selection as a new quick style”
gunanya untuk mengcustom heading baru. Setelah kita klik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
6. Setelah muncul tampilan seperti diata, kita rubah saja
namanya seperti “sub judul 2”, setelah itu kita klik bagian “Modify”
maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
7. Setelah muncul tampilan diatas, langkah selanjutnya kita rubah bagian “Style based on” dan “style for following paragraph” menjadi Heading 2, selanjutnya kita tinggal sesuaikan sendiri seperti ukuran huruf, font, bold dan lain lain, sesuai makalah kita, jika sudah kita klik Ok. Hal ini juga berlaku jika pada makalah kita terdapat sub judul pada BAB selanjutnya, yani dengan cara yang sama.
8. langkah selanjutnya kita alihkan kursor kita ke tempat
yang hendak kita taruh daftar isi, yaitu dengan cara klik bagian “referensi”
lalu klik “table of contents”, kemudian kita akan diberikan pilihan
bentuk daftar isi seperti gambar dibawah
Disini kita bebas memilih bentuk atau format daftar isi
yang mau kita pakai, disini saya memilih bentuk yang pertama, caranya tinggal
kita klik saja dan akan muncul tampilan daftar isi kita secara otomatis
Jika sudah muncul tampilan seperti diatas, tandanya kita
telah berhasil membuat daftar isi secara otomatis menggunakan heading,
berikutnya tinggal kita atur atau rapihkan saja dafar isi otomatisnya, disini
saya menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 12
Alhasil daftar isi otomatis kita telah berhasil
dibuat.....
catatan
Update Konten pada Daftar Isi (Jika Diperlukan)
Jika kamu melakukan perubahan pada dokumen yang menyebabkan urutan halamannya berubah atau bertambah, kamu harus mengupdate daftar isi yang kamu buat agar tetap sesuai.
Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik tombol Update Table yang ada pada halaman daftar isi.
Nantinya, kamu akan diberi 2 pilihan, yaitu update page numbers only dan update entire table.
Menu ini digunakan jika kamu tidak mengubah judul, namun hanya menambah tulisan saja sehingga menyebabkan halamannya bertambah atau berkurang. Menu ini akan mengupdate nomor halamannya saja sesuai dengan perubahan yang kamu lakukan.
Menu ini digunakan jika kamu telah mengubah isi dan judul atau sub judul pada dokumen.
Menu ini akan mengupdate judul yang ada pada daftar isi sekaligus perubahan nomor halamannya.
Mungkin itu saja tutorial singkat yang dapat saya
sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan...
JANGAN LUPA BAHAGIA...! 😉✌
Wassalamualaikum Wr. Wb.
0 Response to "tutorial cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word dengan mudah dan cepat"
Posting Komentar